Penanganan Nurkhafifah

Malang, pada tanggal 19 Maret 2009 Bapak Marola mendatangi Sekretariat Paseban untuk mengadukan permasalahan adiknya yang dipekerjakan sebagai peƱata laksana rumah tangga di Arab Saudi.

Marola adalah kakak TKW Nurhafifah BT Sukari Sarbini yang beralamatkan Desa Sumbernongko RT. 11 RW.07 Kec. Pagak Kab. Malang.
Beliau mendapat informasi bahwa adiknya telah meninggal di Arab Saudi sejak 16 September 2008 lalu, sekitar bulan puasa Rhamadhon 1428H. Korban di pekerjakan di Arab Saudi No Pasport AK 412880 dan ditempatkan di Majikan Omair Saad Abdurohman Al Syahrani, yang berada di Jaddah.

Pihak keluarga sangat curiga atas kematian ini, karena pada tanggal 16 September 2008 Nurhafifah sempat melakukan kontak dengan keluarga dan memberi kabar bahwa dirinya akan dipulangkan ke Indonesia tiga hari lagi. Dia mengatakan bahwa tiket sudah dibelikan majikan, tinggal nunggu waktu kepulangan. Bahkan dia sering melakukan komunikasi via telpon dengan kakaknya yang berada di Jakarta. Anehnya, beberapa bulan kemudian tiba-tiba ada informasi bahwa Nurhafifah Telah Meninggal pada tanggal 16 Romadhon 1428 H di Saudi Arabia.

Saat ini pihak keluarga meminta kepada pihak PJTKI dan majikan agar Jenazah Nurhafifah segera dipulangkan ke Indonesia, sekaligus menuntut seluruh hak-hak korban dipenuhi secepatnya mengingat kematian korban tidak wajar.

Arman sebagai bagian Divisi Advokasi dari Jaringan Mekarwangi kemudian datang ke rumahnya yang berjarak 40 km dari sekertariat Paseban yang berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Lalu mulai mengidentifikasi kronologi Permasalahan, dan melakukan koordinasi dengan Bpk. Teddy Wiryawan dari bagian kasus Disnakertrans Malang, I Gusti Made Arka dan Bapak Jimin selaku Staff Disnaker yang berada di Jakarta. Beliau siap membantu kepulangan jenazah Nurhafifah, dan bersedia mengurus hak-hak nya sampai tuntas bila terhambat oleh berbagai kesulitan.
Sampai saat ini anggota Paseban (Paguyuban Sambung Rasa Keluarga Buruh Migran) terus berkordinasi dengan Jaringan Mekarwangi yang ada di Jakarta, untuk menindak lanjuti kasus ini. [cb/sp]

No comments:

Post a Comment