Ujian Akhir Semester

ni sebuah kisah nyata… 

Satu kelas mahasiswa tingkat akhir sedang mengerjakan ujian semester. Setelah soal dibagikan, mereka dipersilakan mengerjakan ujian tersebut. Seperti biasanya, para mahasiswa membolak-balik lembar soal dan membaca pertanyaan-pertanyaan secara sekilas. Pertanyaannya tidak terlalu susah, gumam mereka dalam hati. Namun mereka terkejut saat membaca pertanyaan terakhir: 

“Sebutkan nama ibu yang membersihkan WC kita setiap hari.” 

Profesor pasti sedang bercanda, pikir mereka. Dwi, seorang mahasiswa di kelas tersebut tampak berpikir keras. Ia coba mengingat-ingat sosok ibu pembersih WC itu. Badannya gemuk, gembul, rambutnya digelung, mungkin usianya sekitar 50 tahunan. Namun siapakah nama ibu itu? Dwi tak bisa menjawab pertanyaan itu dan akhirnya dibiarkan kosong tanpa jawaban. 

Setelah ujian selesai, Dwi bertanya kepada dosennya, “Pertanyaan yang terakhir tadi akan dinilai juga, prof?” 

“Tentu saja,” jawab pak profesor itu, “dalam perjalanan karirmu nanti, kau akan bertemu dengan banyak orang. Semua orang itu berarti. Mereka patut mendapat perhatian darimu, meski yang kau bisa berikan sekedar senyuman dan sapaan.” 

Dwi merasa mendapat pelajaran penting hari itu. Dan hari itu juga ia baru tahu bahwa ibu yang membersihkan WC bernama Ibu Suginah.

No comments:

Post a Comment